Spotify Aplikasi Pemutar Musik Terpopuler di Dunia
2022-12-10 00:13:06 166 dilihat

Kini, masyarakat di seluruh dunia mulai banyak yang menggemari keberadaan aplikasi yang bisa dipakai untuk streaming musik. Salah satu aplikasi tersebut adalah Spotify, yang sering dianggap sebagai aplikasi pemutar musik paling ngehits pada saat ini. Untuk mengenal aplikasi yang populer ini, mari simak beberapa penjelasan berikut ini.

 

Sejarah Spotify

Tidak lengkap rasanya apabila kita tidak membahas mengenai sejarah pembuatan aplikasi yang satu ini. Bagi kalian yang sebelumnya belum pernah tahu, pada mulanya aplikasi ini dikembangkan oleh dua developer yang bernama Martin Lorentzon dan Daniel EK. Mereka mengembangkan aplikasi di daerah Swedia sejak tahun 2006.

Nama aplikasi ini merupakan perpaduan dari dua kata dalam bahasa Inggris yakni ‘spot’ dan ‘identify’. Proses pengembangan aplikasinya memang berjalan dalam kurun waktu yang cukup lama dan barulah pada tahun 2008, aplikasi pemutar musik ini resmi dipublikasikan. Mulanya, pengguna tidak perlu membayar biaya apa pun untuk memakai fitur yang disediakan. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu semakin banyak pengguna yang memasang aplikasi ini di perangkat mereka sehingga tidak mengherankan jika kini ada beberapa fitur yang hanya bisa dinikmati jika sudah beralih ke akun premium.

 

Kelebihan

Sebagai aplikasi yang sangat populer, maka tentunya aplikasi yang satu ini menawarkan berbagai macam kelebihan yang sangat menarik. Tanpa keberadaan kelebihan itu, sudah pasti orang-orang tidak akan merasa tertarik untuk memasang aplikasi ini. Berikut adalah beberapa kelebihan yang dimilikinya:

  1. Aplikasi ini tersedia dalam versi gratis dan yang berbayar. Memang kualitas yang dihasilkan tidak jauh berbeda, akan tetapi banyak fitur-fitur tertentu yang menarik ketika menggunakan akun premium.
  2. Mendukung untuk dipasang pada berbagai macam perangkat seperti Android, iOS, Windows, Mac, dan lain sebagainya.
  3. Memiliki fitur sinkronisasi antar perangkat.
  4. Memiliki berbagai macam kualitas musik yang bisa didengarkan dengan mudah.
  5. Proses pembuatan akun tidak terlalu rumit.
  6. Ada banyak daftar musik baik itu yang berasal dari musisi internasional ataupun musisi lokal secara lengkap.
  7. Tampilan antarmuka yang bersahabat dan tidak membuat pengguna awal merasa kebingungan.

 

Mengapa Aplikasi Ini Sangat Populer?

Kesuksesan aplikasi ini dalam menyediakan layanan pemutar musik tidak lepas dari inovasi yang dihadirkan di dalamnya. Ada beberapa alasan yang menyebabkan aplikasi ini begitu populer dan dinikmati oleh berbagai macam kalangan di seluruh dunia, di antaranya adalah seperti berikut ini:

  1. Mampu Menjadi Market Leader

Memang sebelum aplikasi ini dirilis, sudah ada banyak aplikasi sejenis yang bergerak di bidang sama dan cukup sering dipakai oleh banyak orang. Meskipun bukan menjadi aplikasi pertama yang merilis layanan streaming musik, akan tetapi aplikasi ini berhasil menjadi sosok aplikasi market leader karena berbagai macam kelebihan yang ditawarkannya.

Bahkan, saking populernya aplikasi ini, mereka mampu merekrut label-label musik ternama di dunia. Dengan begitu, maka akan semakin banyak penyanyi dan seniman global yang bersedia untuk bekerja sama dan membesarkan nama aplikasi yang dilengkapi oleh musik yang kaya dan melimpah.

  1. Ad-Supported Service

Ketika mendengarkan musik, pastinya siapa pun akan merasa terganggu ketika mendadak muncul iklan yang tidak enak untuk didengar. Hal ini tentu sangat menjengkelkan, sehingga pihak developer pun memberikan kenyamanan untuk penggunanya dengan menyediakan fitur skip iklan. Bahkan, fitur tersebut bisa dinikmati oleh pengguna yang belum premium, sehingga meskipun belum upgrade fitur itu masih dapat digunakan.

  1. Pengalaman yang Menyenangkan

Aplikasi ini akan mengumpulkan data yang dimiliki oleh pengguna, dalam artian jenis musik yang disukai dan lagu apa saja yang terakhir didengarkan. Setelah mengumpulkan data tersebut, maka aplikasi akan membuat rekomendasi musik yang sesuai dengan selera setiap penggunanya.

  1. Memulai Segalanya dari Awal

Tingkat popularitas aplikasi ini tidak diraih secara instan, namun mereka memulai segalanya sejak awal baik itu proses perekrutan label musik, riset pasar, bahkan penyesuaian user interface. Proses yang tidak bisa dibilang pendek ini membuat developer mampu memahami apa yang diinginkan oleh para pengguna.

 

Cara Memutar Lagu

Sebenarnya, cara memutar lagu di aplikasi ini sangat mudah sebab hanya ada dua cara. Cara yang pertama adalah dengan memutar lagu memakai jaringan internet atau yang sering disebut sebagai streaming. Selanjutnya, lagu pun bisa diputar tanpa harus terhubung dengan internet ketika sudah mengunduh lagu tersebut. Hanya saja, cara ini hanya berlaku bagi akun yang sudah premium saja.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai Spotify yang bisa diketahui. Karena berbagai kelebihan yang ditawarkannya, tidak mengherankan jika aplikasi ini begitu dicintai. Apabila Anda tertarik untuk membeli akun premium yang lebih praktis, silakan kunjungi situs nonfisik.net untuk membelinya.